American Flag Guitar Pick

Rabu, 14 Maret 2018

ZAT ADITIF DALAM MAKANAN


‘’BAHAN KIMIA MAKANAN’’

1.PENGERTIAN DAN JENIS JENIS ZAT ADITIF MAKANAN

Image result for GAMBAR JENIS JENIS ZAT ADITIF DALAM MAKANAN

Zat aditif menurut WHO (World Health Organization) adalah bahan yang ditambahkan kemakanan untuk memperbaiki warna,bentuk,cita rasa,tekstur,atau untuk memperpanjang masa penyimpanan.
Contoh penggunaan zat aditif dalam makanan adalah sebagai berikut :

a.pewarna makanan alami antara lain daun suji dan kunyit.pewarna sintesis/buatan antara lain eritrosin FCF (merah) untuk saos,kuning FCF (kuning cerah),tartrazine (kuning),dan hijau FCF (hijau).

b.penambah aroma khas pada makanan antara lain daun salam,daun pandan,vanili,dan rempah rempah.Bahan pemberi aroma sintesis yang sering digunakan adalah bahan kimia dari golongan ester,misalnya isoamil asetat (aroma pisang),etil butirat (aroma nanas) dan metil anthranilat (aroma anggur).

c.penyedap rasa dan pemberi aroma alami yang banyak digunakan adalah kayu manis,buah cengkih,bawang putih,bawang bombai,ekstrak tanaman atau sari buah.Bahan penyedap rasa buatan seperti MSG (monosodium glutamat) atau vetsin digunakan sebagai bumbu masak.

d.pemanis alami antara lain gula,gula aren,dan madu.pemanis buatan antara lain aspartame (kemanisan 200 kali lebih manis dari pada gula),sakarin,siklamat,dan sorbitol.

e.bahan pengawet bertujuan untuk menghambat kerusakan bahan makanan sehingga daya simpanannya relatif lama.Bahan pengawet yang aman digunakan antara lain natrium benzoat dan kalisum propionat.Bahan pengawet yang banyak digunakan tetapi sangat berbahaya bagi kesehatan antara lain boraks dan formalin.

2.EFEK SAMPING ZAT ADITIF

Image result for GAMBAR EFEK SAMPING DARI ZAT ADITIF DALAM MAKANAN



Image result for GAMBAR EFEK SAMPING DARI ZAT ADITIF DALAM MAKANAN


Tubuh memiliki ambang batas dalam menoleransi zat asing yang masuk.oleh karena itu,komsumsi zat aditif sintesis yang berlebihan dapat menyebabkan berbagai dampak negattif bagi tubuh.Contohnya,komsumsi MSG secara berlebihan dapat menyebabkan hipertensi dan menurunkan transmisi sinyal ke otak.Boraks dan formalin yang sering disalahgunakan untuk pembuatan bakso atau sosis dapat menyebabkan kanker jika dikomsumsi secara kontinyu.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar