American Flag Guitar Pick

Sabtu, 31 Maret 2018

SUMBER ARUS LISTRIK


SUMBER ARUS LISTRIK

A.KONSEP GAYA GERAK LISTRIK (GGL) SUMBER ARUS LISTRIK

  Energi listrik banyak diperlukan manusia.energi listrik yang dialirkan oleh PLN ternyata tidak mencukupi berbagai keperluan yang begitu kompleks.oleh sebab itu,diperlukan sumber energi lain,yaitu baterai dan akumulator.Dua sumber energi tersebut lebih praktis dan dapat dibawa kemana mana.Ukuran maupun muatannya dapat diatur sesuai kebutuhan.
  Sebagai sumber arus listrik,baterai dan akumulator tersebut memiliki gaya gerak listrik (GGL).Gaya gerak listrik adalah beda potensial antara kedua ujung atau kutub sumber arus listrik.beda potensial inilah yang menyebabkan elektron mengalir.elektron mengalir dari kutub negatif ke kutub positif sumber arus listrik.

B.SUSUNAN DAN CARA KERJA ELEMEN LISTRIK PRIMER DAN SEKUNDER

1.Elemen primer

Image result for GAMBAR ELEMEN PRIMER

  Pada elemen primer,reaksi kimia menyebabkan elektron mengalir dari eletroda negatif (katoda) ke elektroda positif (anoda) dan tidak dapat dibalik arah reaksinya.Itulah sebabnya elemen primer tidak dapat dimuati kembali jika muatannya sudah habis.Dengan kata lain,elemen primer merupakan sumber arus searah yang memerlukan penggantian bahan pereaksi.Jadi,elemen primer adalah sumber arus listrik yang tidak dapat diperbarui lagi.Elemen primer ada dua jenis,yaitu elemen basah dan elemen kering.
a.Elemen basah
1.Elemen Volta

Image result for GAMBAR ELEMEN VOLTA

  Elemen volta termasuk elemen primer,yaitu sumber listrik arus searah yang memerlukan penggantian bahan (elemen) setelah digunakan.
2.Elemen Daniell
Image result for GAMBAR ELEMEN DANIELL
  Elemen daniell merupakan modifikasi dari elemen volta,yaitu dengan memperbaiki penampilan elemen.untuk mencegah polarisasi gas hidrogen,elektroda dilindungi oleh larutan tembaga sulfat (larutan kimia)nyang dinamakan depolarisator.
b.Elemen kering
  Elemen kering pertama kali dibuat oleh leclanche dan elemen kering buatannya disebut elemen leclanche.Hal penting dari elemen kering adalah :
1.Elemen ini disebut elemen primer karena elemen ini tidak dapat dimuati (diisi atau disetrum) kembali jika muatannya sudah habis.
2.Selama elemen bekerja,seng berubah menjadi seng klorida,hidrogen dihabiskan,dan seng serta amonium klorida berkurang.

2.Elemen sekunder

  Elemen sekunder merupakan elemen elektrokimia yang dapat diperbarui bahan bahan pereaksinya.elemen sekunder ini harus diberi muatan terlebih dahulu sebelum digunakan,yaitu dengan cara melewatkan arus listrik ke dalamnya.
a.Elemen sekunder basah

Image result for GAMBAR AKI
  Contoh elemen sekunder basah adalah akumulator (aki).jenis akumulator yang umum digunakan adalah akumulator timbal.
bagian bagian aki adalah :
1.sebuah bak ( bejana ) yang terbuat dari karet keras atau kaca,
2.Larutan asam sulfat (H2SO4),dan
3.Dua kerangka timbal yang berlubang lubang sebagai kutub positif (+) dan kutub negatif (-).
b.Elemen sekunder kering

Image result for GAMBAR BAGIAN BATERAI HP

  Dengan kemajuan teknologi,baterai yang dulunya dibuang setelah selesai dipakai,ternyata kini dapat diisi atau disetrum kembali.Ukuran dan bentuknya pun beragam sesuai dengan kebutuhan.Misalnya pada peralatan elektronika radio,mainan anak anak,dan handphone (HP).
  Baterai ini terdiri atas logam litium murni sebagai anoda dan campuran timbal (II) iodida, timbal (II) sulfida , serta logam timbal sebagai katoda.Baterai ini mampu bertahan hingga 10 tahun asal dirawat dengan baik.
  Baterai HP maupun baterai untuk peralatan elektronika lainnya setelah dipakai sekian waktu dan habis.Baterai tersebut dapat diisi kembali dengan menggunakan charger.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar