American Flag Guitar Pick

Selasa, 13 Maret 2018

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN


‘’Perbedaan pertubuhan dan perkembangan & Faktor faktor yang memepengaruhi Pertumbuhan dan perkembangan hewan dan tumbuhan serta metagenesis pada tumbuhan’’

A.Perbedaan pertumbuhan dan perkembangan


Image result for gambar pertumbuhan dan perkembangan

Pertumbuhan adalah pertambahan ukuran dan jumlah sel yang mengakibatkan bertambah besarnya ukuran tubuh mahluk hidup.pertumbuhan bersifat irreversibel,artinya mahluk hidup yang tumbuh tidak dapat kembali ke ukuran semula.
Perkembangan adalah proses menuju kedewasaan yang ditandai dengan terspesialisasinya sel sel menjadi struktur dan fungsi tertentu.perkembangan menyebabkan terjadinya perubahan bentuk pada tubuh dan bersifat kualitatif.

B.Faktor faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada hewan

Faktor internal:
1.Gen merupakan faktor keturunan yang diwariskan dari orang tua (induk) kepada keturunannya.gen akan mengendalikan pola pertumbuhan dan perkembangan hewan.
2.Hormon merupakan senyawa organik yang mengatur pertumbuhan dan perkembangan hewan.hormon sangat mempengaruhi terhadap pertumbuhan dan perkembangan hewan.

Faktor eksternal :
1.Makanan sangant diperlukan oleh hewan.makanan digunakan sebagai zat pembangun tubuh dan sumber energi.
2.Air merupakan pelarut dan media untuk terjadinya reaksi metabolisme tubuh.
3.Cahaya matahari sangat diperlukan dalam pembentukan vitamin D.

C.faktor faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan

Faktor internal :
1.Gen : ukuran,bentuk,dan kecepatan tubuh dikendalikan oleh gen gen yang terdapat dikromosom.
2.Hormon : senyawa organik yang mengatur pertumbuhan tumbuhan.hormon tumbuhan antara lain auksin,giberelin,sitokinin,asam absisat,dan etilen.

Faktor eksternal:
1.Air dan mineral: tumbuhan memerlukan air dan mineral untuk pertumbuhan dan perkembangannya.air berfungsi sebagai pelarut dalam fotosintesis.
2.Suhu : tumbuhan dapat tumbuh dengan baik pada suhu optimum,yaitu sekitar 22-37 derajat celcius.
3.Kelembapan : kelembapan menunjukkan kandungan air ditanah dan udara.
4.Cahaya : cahaya matahari sangat diperlukan dalam proses fotosintesis.

d.Metagenesis

A..Metagenesis tumbuhan lumut (bryophyta)


Image result for gambar metagenesis tumbuhan lumut

Pergiliran keturunan tumbuhan lumut diawali dengan terbentuknya gametofit jantan (anteridium) dan gametofit betina (arkegonium).anteridium menghasilkan sperma dan arkegonium menghasilkan telur.sperma berenang menuju arkegonium dan membuahi telur.didalam arkegonium,terbentuklah zigot diploid.zigot tumbudan berkembang menjadi sporofit embrionik didalam arkegonium.spororfit tumbuh dan berkembang menjadi sporofit dewasa yang lengkap dengan sporangium .spora akan berkecambah membentuk protonema.protonema haploid terus tumbuh dan berkembang membentuk tumbuhan lumut.

B.Metagenensis tumbuhan paku (pterydophyta)


Image result for gambar metagenesis tumbuhan paku


Pergiliran keturunan tumbuhan paku dimulai dengan tumbuhan paku (sporofit) menghasilkan spora haploid.spora akan berkembang menjadi protallium haploid.maisng masing protallium memiliki organ kelamin jantan (anteridium) dan betina (arkegonium).anteridium menghasilkan sperma dan arkegonium mwnghasilkan ovum.sperma berenang menuju arkegonium dan membuahi sel telur.sel telur yang telah dibuahi berkembang menjadi sporofit baru (tumbuhan paku).spororfit berkembang menjadi sporofit dewasa yang memiliki sorus berwarna coklat.didalam sorus,terdapat sporangium yang menghasilkan spora.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar