American Flag Guitar Pick

Selasa, 13 Maret 2018

EKOSISTEM


Ekosistem

a    A.   Definisi Ekosistem

Image result for GAMBAR RANTAI MAKANAN
Ekosistem adalah komunitas alami yang beinteraksi satu sama lain, dengan faktor fisik dan nonfisik, seperti energi matahari, temperatur udara, angin, kelembaban udara, air, tanah dan sebagainya.
b    B .    Pembagian Ekosistem

1). Ekosistem alami, ialah ekosistem yang terbentuk secara alami tanpa ulah campur tangan manusia. Misalnya ekosistem hutan dan ekosistem laut.
2). Ekosistem buatan, yaitu ekosistem yang terbentuk berdasarkan ulah dan campur tangan manusia sesuai dengan tujuan manusia dengan tujuan tertentu. Contoh ekosistem ini adalah ekosistem sawah dan ekosistem kebun.
3). Ekosistem suksesi, adalah ekosistem yang terbentuk diawali dengan pemusnahan akibat bencana alam. Contoh ekosistem suksesi yaitu ekosistem yang terjadi di gunung merapi akibat letusan gunung tersebut.
C. Tingkatan Makhluk Hidup dalam Ekosistem

1). Individu
Individu adalah satuan makhluk hidup yang tunggal. Satu batang teratai disebut individu, begitu juga manusia. Seorang manusia disebut individu.
2). Populasi
Populasi adalah kumpulan makhluk hidup yang sejenis yang hidup menetap di daerah tertentu26. Populasi senantiasa berubah-ubah dari waktu ke waktu. Perubahan kepadatan populasi organisme pada suatu daerah dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai berikut:
 (a). Bertambahnya jumlah individu, karena terdapat individu yang lahir (natalitas) dan yang datang dari tempat lain (imigrasi).
(b). Berkurangnya jumlah individu, karena terdapat individu yang mati (mortalitas) dan yang pergi atau pindah ke tempat lain (emigrasi)
3). Komunitas
Komunitas adalah semua makhluk hidup yang hidup dalam suatu daerah atau lingkungan yang sama.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar