American Flag Guitar Pick

Selasa, 13 Maret 2018

FOTOSINTESIS

''FOTOSINTESIS''

Fotosintesis adalah suatu proses pembentukan zat makanan atau energi,yaitu glukosa,yang dilakukan oleh tumbuhan,alga,dan beberapa bakteri dengan menggunakan sinar matahari,zat hara,karbon dioksida,dan air.

Fotosintesis berlangsung dibagian tumbuhan yang mempunyai kloroplas,misalnya pada daun dan bagian batang yang berwarna hijau.kloroplas mengandung klorofil yang merupakan bahan penyerap energi cahaya utama.

Image result for gambar fotosintesis

laju fotosintesis dipengaruhi oleh faktor dalam dan faktor luar
a.faktor dalam yang memengaruhi fotosintesis antara lain kandungan klorofil,luas permukaan daun,stomata,dan akumulasi hasil fotosintesis.
b.faktor luar yang mempengaruhi laju fotoisntesis antara lain kadar CO2 diudara,kadar CO2,cahaya,suhu udara,dan air tanah.

PROSES FOTOSINTESIS

Proses fotosintesis berlangsung didaun dan melalui 2 tahapan reaksi,yaitu reaksi terang dan reaksi gelap.
1.Reaksi terang
Reaksi terang adalah reaksi fotosintesis yang memerlukan cahaya.dalam reaksi terang,berlangsung pengubahan energi cahaya menjadi energi kimia dalam bentuk ATP.
pada tahap ini terjadi fotolisis,yaitu peristiwa penguraian molekul air menghasilkan ion hidrogen,ion hidroksida,dan sejumlah energi dalam bentuk ATP.reaksi terang ini terjadi digrana,karena klorofil terdapat di grana.
2.Reaksi gelap
Pada proses reaksi gelap ini terjadi fiksasi atau pengikatan karbon dioksida kedalam daun untuk merakit molekul gula dengan menggunakan energi yang dihasilkan pada reaksi terang.reaksi gelap berlangsung didalam stomata kloroplas dengan bantuan enzim. 

Faktor faktor yang mempengaruhi fotosintesis
a. Kadar CO2 diudara

Laju fotosintesis dapat meningkat dengan naiknya kadar CO2 udara.akan tetapi,bila kadarnya terlalu tinggi dapat meracuni atau menyebabkan stomata tertutup,sehingga laju fotosintesis terganggu.
b. Suhu

Peningkatan suhu hingga titik tertentu dapat meningkatkan laju fotosintesis.Namun,suhu yang terlalu tinggi dapat menganggu metabolisme sel.
c. Cahaya

Energi cahaya yang diserap tumbuhan bergantung pada intensitas cahaya,panjang gelombang cahaya,dan lamanya penyinaran.
d. Air

Air sangat dibutuhkan untuk proses fotoisntesis.jika tidak tersedia air dengan cukup,dapat mengganggu pembentukan karbohidrat.
e.Kadar O2
Bila kadar O2 dari udara diturunkan dari 20 % menjadi 1%,maka fotosintesis naik 30 %.jadi, O2 mempunyai daya penghambat fotosintesis.

f.Kandungan hara dalam tumbuhan


Image result for kandungan hara dalam tumbuhan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar