American Flag Guitar Pick

Kamis, 15 Maret 2018

ZAT ADIKTIF DAN PSIKOTROPIKA


ZAT ADIKTIF DAN PSIKOTROPIKA

1.ZAT ADIKTIF

Image result for GAMBAR ZAT ADIKTIF


Zat adiktif adalah bahan bahan alamiah,semisintetis maupun sintesis yang dapat mengganggu sistem saraf pusat dan menimbulkan efek ketagihan (ketergantungan).Contohnya seperti alkohol dan inhaelan.inhaelan adalah zat organik yang menghasilkan efek yang sama dengan efek yang dihasilkan oleh minuman beralkohol atau obat anestetik jika aromanya dihisap,contohnya lem/perekat,aseton,dan eter.

2.PSIKOTROPIKA

Image result for GAMBAR PSIKOTROPIKA

Psikotropika adalah zat atau obat,baik alamiah maupun sintetis bukan narkotika,yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan pada aktivitas mental dan perilaku (UNDANG UNDANG NO.5/1997).jenis psikotropika yang banyak disalahgunakan adalah turunan dari amfetamin seperti metamfetamin,ekstasi,pil BK (obat tidur/hipnotik),shabu shabu,magadon/nipam,dan rohipnol.

3.BAHAYA PENYALAHGUNAAN ZAT ADIKTIF DAN PSIKOTROPIKA SERTA CARA MENGHINDARINYA

Pada dasarnya zat adiktif dan psikotropika digunakan sesuai ketentuan dalam dunia kedokteran.Namun,banyak terjadi penyalahgunaan zat adiktif dan psikotropika oleh para remaja.Berikut ini bahaya yang ditimbulkan akibat penyalahgunaan zat adiktif dan psikotropika.

1.Bahaya zat adiktif dan psikotropika terhadap fisik yaitu:

a.Kerusakan fungsi sistem saraf pusat (otak)
b.Terjadinya infeksi akut otot jantung dan gangguan peredaran darah.
c.Gangguan pada paru paru,sesak napas,dan penyakit paru paru lainnya.

2.Bahaya zat adiktif dan psikotropika terhadap kejiawan

Pemakai narkoba memiliki kecenderungan untuk bersikap labil,suka memberontak,introvert/tertutup,dan penuh rahasia,bahkan mereka sering bohong dan suka mencuri,sensitif,kasar dan tidak sopan,memiliki kecurigaan yang sama terhadap semua orang menjadi malas,prestasi belajar menurun,emosional,dan berpikir irasional.

Mengingat bahaya yang dapat ditimbulkan akibat penyalahgunaan zat adiktif dan psikotropika,kita dapat melakukan hal hal berikut untuk menghindarinya.
1.Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada tuhan yang maha esa.
2.Jangan pernah mencoba atau mencicipi zat adiktif dan psikotropika.
3.Meningkatkan komunikasi dan menjaga hubungan yang harmonis dalam keluarga.
4.Melakukan kegiatan kegiatan positif,misalnya aktif di organisasi remaja baik dilingkungan rumah maupun sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar