American Flag Guitar Pick

Rabu, 14 Maret 2018

MATERI KIMIA : ATOM,ION,DAN MOLEKUL


ATOM,ION,DAN MOLEKUL

1.ATOM

Image result for gambar atom

Atom adalah partikel terkecil suatu unsur yang tidak dapat diuraikan(dibagi – bagi) lagi dengan reaksi kimia biasa.atom memiliki sifat yang berbeda dengan zat asalnya.artinya,jika suatu zat (senyawa) terurai menjadi atom,sifat atom tersebut berbeda dengan sifat senyawa asal atom.Atom merupakan partikel penyusun unsur dan senyawa.
Ukuran atom sangat kecil sehingga atom tidak dapat dilihat walaupun menggunakan mikroskop.kumpulan atom yang berikatan secara kimia membentuk molekul.

2.ION

Image result for gambar ion

Ion adalah atom atau gugus atom yang bermuatan listrik sehingga ion ion dalam larutan dapat menghantarkan arus listirk.ion dibedakan menjadi ion positif (kation) dan ion negatif (anion).
Elektrolit adalah zat yang dalam wujud cair atau larutannya dalam air dapat menghantarkan arus listrik,karena dalam bentuk cair atau larutannya dalam air,zat elektrolit terurai menjadi ion positif dan ion negatif.yang termasuk zat elektrolit adalah asam,basa,dan garam.itulah sebabnya larutan asam,larutan basa,dan larutan garam dapat menghantarkan arus listrik.
Ion sangat diperlukan oleh tubuh sebagai menghantarkan listrik ke otak.kekurangan ion menyebabkan badan menjadi lemas dan kurang tenaga.Salah satu sumber ion bagi tubuh manusia adalah garam dapur yang dalam larutan terurai menjadi ion natrium dan ion klorin.ion lainnya yang juga diperlukan oleh tubuh adalah ion kalium.Ketika kita banyak mengeluarkan keringat,kita kehilangan banyak ion natrium karena keringat kita mengandung garam dapur (NaCl).

3.MOLEKUL
Image result for gambar molekul

Molekul adalah kumpulan atom atom sejenis maupun atom atom tidak sejenis yang berikatan secara kimia.Molekul merupakan partikel kecil suatu zat yang masih memiliki sifat yang sama dengan zat asalnya.Misalnya,gula rasanya manis.walaupun gula sudah larut dalam air dan terurai menjadi molekul,rasa manis masih tetap ada.

Molekul dapat diuraikan menjadi unsur pembentuknya,misalnya gula.jika gula (C6H22O11) dibakar,dihasilkan arang (karbon) dan air.Air juga dapat diuraikan menjadi unsur hidrogen dan unsur oksigen.Jadi,gula tersusun dari atom karbon,hidrogen,dan oksigen.

Molekul dibedakan menjadi molekul unsur dan molekul senyawa.molekul unsur tersusun atas atom atom sejenis yang berikatan secara kimia,seperti H2,O2,P4,dan S8.Molekul senyawa tersusun atas atom atam berbeda jenis yang berikatan secara kimia,seperti CO,CO2,NO2,SO2,dan H2O.

Gambar molekul senyawa

Image result for gambar molekul senyawa
Gambar molekul unsur

Image result for gambar molekul unsur





Tidak ada komentar:

Posting Komentar