American Flag Guitar Pick

Selasa, 13 Maret 2018

STRUKTUR TUBUH TUMBUHAN DAN FUNGSINYA



‘’Struktur tubuh tumbuhan dan fungsi bagian bagiannya’’

Bagian bagian penyusun tumbuhan antara lain : akar,batang,daun,dan bunga.

1.AKAR

Akar merupakan bagian paling bawah dari tumbuhan dan berfungsi untuk menambatkan dan memperkokoh berdirinya tumbuhan,menyerap air dan garam mineral, tempat menyimpan cadangan makanan,dan bernapas.



Image result for gambar bagian bagianakar

a. Tudung akar – Tudung akar adalah akar yang hidup dibagian ujungnya yang bernama Kaliptra yang memiliki sel jaringan parenkimyang didalamnya mengandung  sari tepung. Fungsi Kaliptra adalah menjaga dan merawat sistem kinerja nya sekaligus bertugas melembabkan akar agar tidak mengalami gesekan dengan partikel tanah. Daerah pengembangan sel akar yang berbeda fungsi. Jenis sel akar yang dimaksud adalah akar tumbuhan monokotil dan dikotil sebagai pembelahan sel untuk proses pertumbuhan akar selanjutnya sebagai daerah menetapnya rambut rambut akar
b. Inti akar – Inti akar adalah bagian akar yang berada pada pusat akar yaitu ditengah seputar bonggol akar. Inti akar terbagi menjadi dua bagian, terdiri dari:
Ø  Pembuluh tapis yang berfungsi membantu dan melancarkan proses fotosintesa
Ø  Pembuluh kayu yang berfungsi menyebarkan air dan nutrisi makanan menuju tulang daun
c.Rambut akar – Rambut akar mempunyai karakter unik yaitu berserabut tidak beraturan tetapi berstruktur halus yang melekat kuat pada kulit akar bagian luar yang berfungsi menyerap semua air dan garam mineral yang ada dikedalamam tanah.
 d. Batang akar – Batang akar adalah batang yang terletak ditengah tengah diantara pangkal akar dan ujung akar yang berkembang dan tumbuh bercabang cabang  dalam skala bentuknya yang kecil kecil.
e. Ujung akar – Bagian akar yang termuda dan seperti tunas yang terus menerus mengalami pertumbuhan dan pergantian akar baru pada waktu yang sudah menjadi ketentuan sel akar.

2.BATANG

Batang berfungsi untuk menegakkan tubuh tumbuhan,menghubungkan akar,dn daun,serta tempat penimbunan cadangan makanan.

Tumbuhan Dikotil

Image result for gambar bagian tumbuhan dikotil

Tumbuhan dikotil atau tumbuhan berkeping dua ( dicotyledonae ) memiliki batang yang berkayu karena memiliki kambium. Kambium adalah jaringan yang aktif berkembang dan membentuk sel yang baru. Sel tersebut nantinya akan berdiferensiasi ke arah dalam dan ke arah luar membentuk jaringan pembuluh. Berikut adalah susunan batang tumbuhan dikotil :

1. Epidermis

Epidermis adalah lapisan terluar dari batang tumbuhan. Epidermis tersusun dari dinding sel yang telah menebal yang disebut kutikula. Epidermis pada batang tumbuhan khusunya lapisan kutikula berfungsi untuk melindungi batang dari pengaruh lingkungan luar terutama saat kekeringan, kutikula juga berfungsi untuk melindungi batang dari kehilangan air. Lapisan sel epidermis tersusun dari sel-sel rektangular dan tidak meiliki ruang antar sel. 

2. Korteks

Korteks adalah bagian batang atau lapisan bagian dalam epidermis atau disebut juga dengan kulit luar. Korteks yang berada dekat dengan epidermis tersusun dari sel kolenkim sedangkan semakin kedalam korteks tersusun dari jaringan parenkim. jaringan parenkim pada tumbuhan dibagi menjadi beberapa jenis dan memiliki fungsi yang berbeda.

3. Endodermis

Endodermis adalah bagian batang yang juga disebut dengan kulit dalam. Endodermis terusun oleh selapis sel. Endodermis memisahlkan bagian korteks batang dengan silinder pusat atau stele. 

4. Silinder pusat ( stele )

Bagian silinder pusat atau stele tumbuhan dikotil terdiri dari 3 bagian yaitu :

a. Perisikel/perikambium

Sel-sel pada lapisan perisikel aktif membelah untuk membentuk sel baru atau dapat disebut jaringan meristemati pada tumbuhan. Hal inilah yang memungkinkan tanaman dikotil untuk tidak hanya tumbuh memanjang melainkan juga membesar. 

b. Berkas pengankut ( Xylem dan Floem )

 Xylem adalah berkas pengangkut yang bertanggung jawab untuk membawa air dan mineral dari akar menuju daun dan bagian lain tumbuhan sedangkan floem adalah bagian berkas pengangkut yang berfungsi untuk mengedarkan hasil fotosintesis keseluruh tubuh tumbuhan. Berkas pembuluh floem terletak disebelah luar pembuluh xylem. 

5. Empulur

Empulur adalah jaringan yang terletak pada bagian paling dalam batang tumbuhan. Empulur tersusun dari jaringan parenkim. Pada tumbuhan dikotil, empulur berada dibagian dalam silinder pusat dan merupakan jaringan kayu yang berada pada pusat batang.

Tumbuhan Monokotil

Image result for gambar bagian tumbuhan monokotil

Tumbuhan monokotil atau tumbuhan berkeping satu ( Monocotyledonae ) berbeda dengan batang tumbuhan dikotil. Batang tumbuhan monokotil tidak memiliki kambium sehingga tumbuhan monokotil hanya dapat tumbuh tinggi tanpa membesar hal tersebut juga dipengaruhi oleh ukuran meristem apikal pada tumbuhan monokotil relatif kecil. Batang tumbuhan monokotil dibagi menjadi beberapa bagian yaitu :

1. Epidermis

Epidermis adalah bagian terluar dari batang tumbuhan monokotil yang tersusun dari selapis sel. Struktur sel epidermis tumbuhan monokotil tidak jauh berbeda dari tumbuhan dikotil. Pada lapisan ini juga terdapat stomata . 

2. Korteks

Bagian korteks batang tumbuhan monokotil terdiri dari jaringan dengan beberapa lapis sel dan memiliki rongga udara. Jaringan ini dapat berfungsi sebagai tempat pertukaran gas. 

3. Silinder pusat ( stele )

Sama seperti batang tumbuhan dikotil, silinder pusat pada tumbuhan monokotil juga memiliki berkas pembuluh Xylem dan Floem. Namun berbeda pada tumbuhan dikotil, berkas pembuluh pada tumbuhan monokotil tersebar dan berselang seling.

Perbedaan struktur batang dikotil dan akar dikotil
  • Batang Dikotil
Batang tumbuhan dikotil memiliki kambium yang memungkinkan tumbuhan untuk tumbuh membesar Pada batang dikotil, berkas pembuluh tersusun dalam silinder pusat dengan sususnan yang teratur dan membentuk suatu lingkaran. Pada batang dikotil dapat ditemukan empulur atau pit yang merupakan pusat batang yang berisi jaringan kayu. Empulur tersusun dari jaringan parenkim yang berfungsi sebagai tempat menyimpan cadangan makanan

·         Batang Monokotil

Pada batang tumbuhan monokotil tidak terdapat kambium sehingga tumbuhan monokotil hanya dapat tumbuh memanjang. Struktur berkas pembuluh pada batang tumbuhan monokotil tidak teratur atau berselang-seling.

3.DAUN

Berdasarkan Struktur Luarnya

Nah, setelah mengetahui berbagai fungsi sebuah daun beserta bagian daun berdasarkan struktur dalamnya, maka selanjutnya adalah melihat struktur-struktur daun berdasarkan struktur luarnya atau struktur morfologinya. 
Image result for gambar bagian daun luar

  1. Helai Daun (lamina)
Helai daun pada berbagai macam tumbuhan dapat berbeda-beda, ada yang berbentuk tipis atau yang berbentuk tebal.
  1. Tangkai Daun (petiolus)
Tangkai daun merupakan bagian yang menempel pada bagian batang dan sebagai penopang helaian daun. Namun, tentu tidak semua tumbuhan memiliki tangkai daun, seperti contohnya rumput.
  1. Pelepah Daun (folius)
Pelepah daun memiliki fungsi untuk mendudukan daun pada batang. Pelepah daun ini ada kalanya memiliki tambahan organ di bagian kanan maupun kirinya. 

Berdasarkan Struktur Dalamnya

Image result for gambar bagian daun luar

 Berikut adalah beberapa bagian bagian daun berdasarkan struktur dalamnya :

  1. Epidermis
Jaringan epidermis merupakan jaringan dengan sel berlapis satu yang dindingnya mengalami penebalan lignin. Ada yang letak stomata-nya berada di lapisan ata, ada yang stomata-nya terletak di bagian bawah saja, atau bisa juga terletak di lapisan atas dan bawah.
  1. Jaringan Mesofil
Jaringan mesofil tersusun dari  sel-sel parenkim yang tersusun cukup longgar sehingga memiliki ruang antarsel atau rongga antarsel. 
  • Jaringan Palisade – Jaringan palisade atau yang biasa disebut sebagai jaringan tiang ini memiliki sel yang berbentuk silinder dan tersusun sangat rapat. Di dalam jaringan palisade ini, terdapat banyak kloroplas dan jaringan ini juga berfungsi dalam proses pembuatan makanan.
  • Jaringan Spons – Jaringan spons atau yang biasa disebut juga dengan jaringan bunga karang ini memiliki sel yang susunannya lebih longgar jika dibandingkan dengan jaringan palisade. Jaringan spons ini memiliki fungsi untuk menyimpan cadangan makanan.
  1. Berkas Pembuluh Angkut
Berkas pembuluh angkut ini terdapat pada tulang daun dan fungsinya secara umum adalah alat transpor dan juga sebagai penguat daun. Berkas pembuluh angkut ini terbagi menjadi 2 macam bagian, yaitu.
  • Xylem – Xylem atau yang biasa juga disebut dengan pembuluh kayu ini memiliki fungsi untuk mengalirkan air beserta zat haranya menuju ke daun.
  • Floem – Floem atau yang biasa juga disebut pembuluh tapis ini memiliki fungsi untuk menyalurkan hasil fotosintesis tumbuhan dari bagian daun ke bagian tumbuhan yang lain.
  1. Jaringan Tambahan Daun
Jaringan Tambahan Daun ini biasanya meliputi sel-sel kristal maupun kelenjar yang terdapat pada jaringan mesofil daun.
Bagian Daun Dikotil Berdasarkan Struktur Dalamnya
Setelah anda mengetahui bagian-bagian daun secara umum, maka selanjutnya akan dijelaskan mengenai bagian daun pada tumbuhan dikotil berdasarkan struktur dalamnya. Berikut ini adalah uraian bagian-bagian daun berdasarkan struktur dalamnya.
  1. Epidermis
Epidermis pada daun dikotil ini umumnya terdiri dari satu lapis sel dan letaknya terdapat baik pada lapisan bawah maupun lapisan atas daun. Jaringan epidermis pada daun dikotil ini pada dasarnya memiliki 2 buah fungsi utama, yaitu:
  • Melindungi lapisan di dalam sel daun dari kekeringan.
  • Menjaga struktur bentuk daun sehingga bentuk daun menjadi tidak rusak.
  1. Kutikula
Kutikula pada daun bertipe dikotil ini umumnya terletak pada permukaan atas dan bawah daun, sama seperti epidermis. Selain itu, kutikula juga mengalami penebalan dari zat kutin, sama seperti epidermis  Namun, berbeda dengan epidermis, kutikula ini lebih bekerja sebagai pelapis permukaan atas dan bawah dari daun. Nah, fungsi utama dari kutikula ini adalah untuk mencegah proses penguapan air yang terjadi pada permukaan daun.
  1. Stomata
Sama seperti epidermis dan kutikula, stomata pada daun dikotil ini umumnya terletak pada lapisan bawah maupun lapisan atas dari sebuah daun. 
  • Stomata berfungsi sebagai jalan masuk dan keluarnya udara pada daun, mengingat stomata merupakan elemen penting dalam proses respirasi tumbuhan.
  • Stomata ini juga memiliki yang dinamakan sel penjaga. Sel penjaga ini berfungsi untuk mengontrol proses terbuka dan tertutupnya stomata.
  1. Mesofil
Jaringan mesofil pada daun dikotil ini letaknya diantara lapisan epidermis atas dan bawah dan memiliki fungsi utama sebagai tempat terjadinya proses fotosintesis. Nah, jaringan mesofil pada daun dikotil ini memiliki beberapa ciri-ciri, berikut uraiannya.
  • Jaringan mesofil daun dikotil berdiferensiasi menjadi jaringan palisade dan jaringan spons.
  • Jaringan palisade pada daun dikotil ini tersusun sangat rapat dan biasanya berbentuk silinder. Selain itu, jaringan palisade pada daun dikotil juga mengandung klorofil.
  • Jaringan spons pada daun dikotil berbentuk tidak teratur dan susunan antarselnya sangat longgar. Selain itu, jaringan spons ini memiliki bentuk yang bercabang-cabang dan berisi kloroplas.
  1. Urat Daun
Urat daun ini letaknya pada helai daun dan bisa anda lihat secara kasat mata. Fungsi utama dari urat daun ini adalah sebagai transportasi zat-zat yang diperlukan oleh daun. Dalam daun tumbuhan bertipe dikotil, maka anda dapat melihat jika urat daunnya berbentuk menyirip atau menjari.

4.BUNGA

Struktur bunga

Image result for gambar bagian bunga

1. Bunga lengkap

Bunga lengkap memiliki bagian-bagian dan fungsi sebagai berikut :

a.Tangkai bunga
Tangkai bunga berfungsi sebagai penopang dan penghubung antara tangkai bunga dengan ranting.

b. Dasar bunga
Dasar bunga berfungsi sebagai tempat melekatnya mahkota bunga.

c. Kelopak Bunga
 Fungsi dari kelopak bunga adalah melindungi mahkota bunga ketika masih kuncup dan akan terbuka jika mahkota mekar.
d. Mahkota bunga
Mahkota bunga merupakan bagian bunga yang paling indah dan berwarna-warni. Mahkota bunga sering disebut dengan perhiasan bunga. Keindahan mahkota bunga sangat menarik bagi serangga untuk hinggap dan membantu proses penyerbukan.

e Benang Sari
Benang sari merupakan alat kelamin jantan sebagai alat perkembangbiakan bunga yang terdiri dari tangkai sari, kepala sari dan serbuk sari
f. Putik
Putik merupakan alat kelamin betina. Ujung putik disebutb kepala putik. Bagian putik yang panjang disebut tangkai putik. Bakal buah terdapat pada bagian bawah putik. Bakal biji terdapat dia dalam buah yang mempunyai dua inti, yaitu sel telur dan calon lembaga.

2. Bunga tidak lengkap

Bunga disebut bunga tidak lengkap jika tidak memiliki salah satu atau beberapa bagian bunga baik perhiasan maupun alat kelamin bunga.

Berdasarkan kelengkapan alat kelaminnya, bunga dibedakan menjadi dua yaitu bunga sempurna dan bunga tidak sempurna.
a. Bunga Sempurna

Bunga disebut bunga sempurna jika mempunyai dua macam alat kelamin, yaitu benang sari dan putik.

b. Bunga Tidak Sempurna

Bunga disebut bunga tidak sempurna jika hanya mempunyai satu macam alat kelamin yaitu benang sari saja atau hanya putik saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar