American Flag Guitar Pick

Jumat, 27 April 2018

LINGKUNGAN SEKITAR KITA



1.Kerusakan lingkungan

Image result for gambar kerusakan lingkungan

Kerusakan lingkungan pada dasarnya adalah kerusakan hubungan yang terjadi antara mahluk hidup dengan mahluk hidup,dan antara mahluk hidup dengan benda tidak hidup disekitarnya.Dalam suatu ekosistem nampak adanya hubungan saling ketergantungan antara anggota yang satu dengan anggota yang lain. Jika keseimbangan ini terganggu,bencana bisa terjadi.
Manusia memiliki peran yang penting dalam ekosistem.Oleh karena itu,manusia perlu mengenali dan mengetahui sifat dan karakteristik alam untuk membina hubungan yang baik dengan alam.

2.Proses – proses di lingkungan dan pengaruhnya terhadap kesehatan manusia

Lingkungan fisik manusia dapat dibedakan menjadi 3 macam,yaitu lingkungan tanah,udara,air,dan suara.Proses proses tertentu dapat mengakibatkan lingkungan itu menjadi tercemar.Pencemaran ini sering dikenal dengan istilah polusi.Penyebab polusi disebut polutan.Polusi selalu berakibat buruk terhadap lingkungan,terutama pada kesehatan manusia.

a.Polusi tanah dan air
Image result for gambar polusi tanah dan air

1) Limbah zat padat yang mengandung zat kimia berbahaya
Polutan zat kimia berbahaya antara lain berupa sisa zat kimia yang dihasilkan dari rumah tangga,pabrik,rumah sakit,dan industri.
2) Sampah plastik
Sampah plastik yang dibuang sembarangan akan menutup permukaan tanah. Sampah plastik baru akan hancur setelah puluhan bahkan ratusan tahun.Akibatnya,kesuburan tanah akan terganggu.dengan demikian tanah tidak lagi produktif.
3) Limbah cair yang mengandung zat kimia berbahaya
Di teluk jakarta pernah terjadi pencemaran air laut oleh senyawa merkuri (raksa). Senyawa ini terbawa oleh air dari sungai sungai yang bermuara di teluk jakarta.sungai sungai ini menjadi pembuangan limbah kimia dari beberapa pabrik dijakarta.Senyawa merkuri akan larut diair dan bisa mengendap dalam tubuh ikan.Air dan ikan yang telah tercemar senyawa merkuri,apabila dikomsumsi akan mengakibatkan keracunan. Senyawa ini juga dapat mengendap dalam tubuh manusia. Dan akan mengakibatkan gangguan pertumbuhan badan dan kecerdasan,atau keterbelakangan mental.

b.Polusi udara
Image result for gambar polusi udara

1) Gas –gas berbahaya
Gas gas berbahaya yang menyebabkan pencemaran udara diantaranya adalah karbon dioksida dan karbon monoksida.Karbon dioksida dan karbon monoksida merupakan gas hasil proses pembakaran.Bedanya karbon dioksida dihasilkan dari proses pembakaran tidak sempurna.Keduanya terbentuk dari proses pembakaran seperti proses pembakaran pada kendaraan bermotor dan pabrik pabrik industri.Bahaya karbon dioksida adalah dapat menyebabkan efek rumah kaca.Sedangkan karbon monoksida bersifat racun yang dapat menyebabkan gangguan pada saluran pernapasan.

2) Gangguan medan elektromagnetik
Gangguan medan elektromagnetik diduga kuat dihasilkan oleh jaringan listrik tegangan tinggi.Medan elektromagnetik yang kuat dan terus menerus mengenai tubuh dapat mengakibatkan penyakit jantung,tekanan darah tinggi ( hipertensi ),dan gangguan pembuluh darah.Oleh karena itu,pembangunan instalasi listrik tegangan tinggi sebaiknya dibangun jauh dari pemukiman penduduk.

c.Polusi suara

Image result for gambar polusi suara

Frekuensi bunyi yang tinggi pada batas batas tertentu dapat mengganggu pendengaran kita.Namun yang menjadi persoalan utama adalah intensitas bunyi.Bunyi dengan intensitas yang tinggi ternyata merupakan polutan yang dapat mengganggu kesehatan manusia.Batas kesanggupan pendengaran manusia berada pada ukuran 140 db (db singkatan dari desibel,yaitu satuan untuk intensitas bunyi).

Jika berada dalam daerah dengan intensitas bunyi yang tinggi dapat mengakibatkan gangguan pendengaran,gangguan denyut jantung,gangguan pernapasan,gangguan pencernaan,gangguan saraf pusat (otak).Selain itu,bunyi bising dapat mengakibatkan stres sehingga orang merasa cemas,resah,mudah marah,dan takut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar