American Flag Guitar Pick

Kamis, 05 April 2018

LAPISAN ATMOSFER



Atmosfer adalah lapisan gtas yang melingkupi sebuah planet termasuk bumi,  dari permukaan planet tersebut sampai jauh di luar angkasa.

Image result for gambar lapisan atmosfer

A.Troposfer
Trofosfer adalah lapisan paling rendah dalam struktur atmosfer. Karena keistimewaannya lapisan ini kehidupan di bumi terindung dari radiasi yang berbahaya bagi kehidupan. Lapisan ini berada kurang lebih 15KM dari permukaan bumi.
B.Stratosfer 
Stratosfer adalah lapiasan ke dua dari atmosfer bumi. Stratofer memiliki ketebalan 15-55KM dari permukaan tanah. Stratosfer terletak di atas troposfer. Pada lapisan ini terdapat lapisan ozon.
C.Mesosfer
Mesosfer adalah lapisan udara ketiga dari atmosfer bumi. Suhu yang terdapat pada lapisan ini sangat dingin. Pada lapisan ini sering terjadi pergesekan anatara meteor dan lapisan mesosfer, sehingga meteor yang akan sedang beraktivitas tidak akan jatuh ke bumi.
D.Termosfer dan Ionosfer
Termosfer adalah lapisan atmosfer yang berada pada urutan ke empat diatas mesosfer. Termosfer berada diantara mesosfer dan ekssosfer. pada lapisan ini terdapat atom-atom yang terionisasi sehigga lapisan termosfer disebut juga lapisan ionosfer.
E.Eksosfer
Eksosfer adalah lapisan terluar dari atmosfer bumi. Lapisan ini merupakan lapisan yang paling jauh dari permukaan bumi. Selain menjadi lapisan terluat dari atmosfer bumi, lapisan ini juga sangat panas, dan terjadi pergerakan pertikel udara yang tidak beraturan.
FUNGSI ATMOSFER
Image result for gambar fungsi atmosfer

1.Mengurangi radiasi cahaya matahari yang sampai ke bumi pada siang hari, sedangkan pada malam harinya ialah sebagai penghilang rasa panas yang berlebihan. Pengurangan radiasi ini sangatlah penting karena apabila sinar matahari sampai ke bumi dalam keadaan 100%, maka bisa dipastikan bahwa tak akan ada makhluk hidup yang bisa bertahan hidup di bumi karena panasnya termasuk juga manusia.

2.Sebagai pendistribusi air ke berbagai penjuru permukaan bumi, yaitu dikenal dengan sebutan siklus hidrologi. Atmosfer di sini memiliki peranan sebagai penampung uap air sehingga air di permukaan bumi tidak hanya akan terkumpul pada tempat yang paling rendah saja.

3.Penyedia oksigen dan karbon dioksida. Sebagaimana kita ketahui bahwa manusia dan hewan memerlukan oksigen untuk bernapas dan tumbuhan memerlukan karbon dioksida memerlukan karbon dioksida untuk bernapas serta membuat makanannya sendiri yang dikenal dengan sebutan proses fotosintesis.

4.Sebagai penahan bagian sistem tata surya seperti meteor yang akan jatuh ke bumi. Di mana peran atmosfer di sini sangatlah nyata. Atmosfer berfungsi sebagai pengikis atau pengurang volume meteor yang jatuh ke bumi. Sebagian meteor mungkin memang gagal jatuh ke bumi, namun ada juga yang berhasil jatuh. Meteor yang tak terhambat inilah yang akan dikikis atau dikurangi volumenya menjadi lebih kecil sebelum menyentuh permukaan bumi. Dalam artian, volume meteor yang jatuh sudah dalam keadaan kecil sehingga memiliki dampak yang tak terlalu berbahaya bagi makhluk hidup yang ada di bumi termasuk manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar