American Flag Guitar Pick

Kamis, 03 Mei 2018

LAPISAN LAPISAN MATAHARI




Image result for gambar lapisan matahari



a.Inti

Inti merupakan bagian yang paling dalam dari matahari.Suhu dilapisan ini diperkirakan mencapai 16 juta derajat celcius.Oleh karena itu,dilapisan inilah reaksi fusi dapat berlangsung.Energi hasil reaksi fusi dipancarkan ke luar secara radiasi.

b.Fotosfer (Lapisan Cahaya)

Fotosfer merupakan permukaan matahari yang tebalnya kurang lebih 350 km.Lapisan inilah yang memancarkan cahaya sangat kuat.Oleh karena itu,Fotosfer juga disebut lapisan cahaya.

Suhu difotosfer diperkirakan rata rata 6.000 derajat celcius.Pada suhu tersebut,suatu benda memancarkan cahaya berwarna kuning.Hal ini sesuai dengan cahaya matahari yang berwarna kekuning- kuningan.

c.Kromosfer

Kromosfer merupakan lapisan gas diatas fotosfer yang tebalnya sekitar 16.000 km.Oleh karena itu,Kromosfer sering disebut lapisan atmosfer matahari.Dilapisan bawah (dekat fotosfer),suhu kromosfer diperkirakan sekitar 4.000 derajat celcius.Makin keatas,suhu kromosfer makin tinggi.Pada lapisan yang paling atas,suhu kromosfer diperkirakan mencapai 10.000 derajat celcius.Kromosfer hanya dilihat pada saat terjadinya gerhana matahari total.Pada saat itu,kromosfer tampak seperti gelang atau cincin yang berwarna merah.

d.Korona

korona merupakan lapisan matahari yang paling luar.Lapisan ini juga sering disebut lapisan atmosfer matahari bagian luar.Korona juga merupakan lapisan gas yang sangat tipis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar